Langsung ke konten utama

MENGENAL KOMPONIS BARAT


Halo seni lovers, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com insyaallah yang kalian cari ada disini :)) yey hari ini detik ini kamu bertambah lagi ilmunya tentang komponis musik barat, berbagi ilmu dapat pahala loh. Yuk dishare ke saudara atau teman teman kamu


KOMPONIS MUSIK BARAT

banyak sekali komponis musik barat but aku mau kasih tau yang terkenal aja ya guys.. Yang pertama ada
1. JOHAN SEBASTIAN BACH (1685 - 1750)


Kenal beliau? Gak lah kita kan belum lajir dijaman 16-an gitu. Haloo ade, kaka aku juga belum lahir tapi aku tau sedikit tentang dia so aku kasih tau ke kalian ya.Johan dilahirkan di Eisenach, Jerman. Ketika berusia 15 tahun, johan menerima beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Leneburg. Disanalah ia mulai belajar musik dan menjadi anggota paduan suara. Ia belajar organ pada GEORGE BOHM seorang pemain organ yang terkenal. Tahun 1703 bach diangkat menjadi pemain organ gereja di kota Anrstadt dan bakat musiknya mulai tampak. Tahun 1707 bach pindah ke Muhlhuasen. Hampir 27 tahun ia menekuni pekerjaannya dimusik sampai meninggal dunia pada tahun 1750 dalam keadaan buta. Karyanya yang terbesar namun belum sempat diselesaikan berjudul THE ART OF FUGUE

2. WOLFGANG AMADEUS MOZART ( 1756-1791)


Mozart dilahirkan di Salsburg, putra dari Leopold Mozart. Ia mulai meneliti karirnya sebagai guru privat anak luar biasa dibidang sejarah kesenian. Tanda tanda bakat musiknya mulai terlihat saat berusia 5 tahun. Saat usia 6 tahun ia dipanggil untuk memamerkan kebolehan musiknya di istananya. Sejak usia 13 tahun, mozart telah memperlihatkan bakat musiknya yang luar biasa dengan menciptakan SONATA, CONCERTO, SIMPONI, KARYA KEAGAMAAN, OPERA BUFFA, OPERA BASTIAN dan BASTINE. Tahun 1776 ia mencapai puncak ketenarannya ketika membuat opera THE MARIAGE OF FIGARO. Menjelang ulang tahunnya ke-36 ia meninggal di tahun 1791.
Karya yang terkenal :
The mariage of figaro
Don Giovanni
Cost Fan Tutte
The Abduction from the seraglio
The magic flute

3. Ludwig Van Beethoven ( 1770-1827)

Beethoven merupakan generasi revolusi Prancis sehingga gagasan-gagasan nya sangat dipengaruhi oleh ide kebebasan serta harga diri yang tinggi. Ia lahir di kota Bonn, tepi Sungai Rhine, Jerman. Ayah dan kakeknya pernah menjadi penyanyi istana, pada zaman electroc max friedrich. Beethoven dilahirkan di lingkungan keluarga yang kurang beruntung. Ayahnya pemabuk berat. Di usia 11 tahun ia ditunjuk sebagai asisten organis di istana pangeran. Tahun berikutnya ia dipercaya untuk memegang harpsikhord pada orkestra istana.
Waktu berkunjung ke Wina, ia diberi kesempatan untuk bermain pada orkes yanh didirikan Mozart. Ternyata ia dijuluki "pangeran rakyat jelata" meskipun seorang genius muda. Julukan itu membuat ia bangga. Saat Beethoven mencoba mengembangkan bakatnya ia mulai kehilangan pendengarannya.namun ia mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Semboyan Beethoven " kemajuan akan tercapai apabila orang mampu mengatasi ketegangan untuk mencapai kemenangan dengan sukacita"

4. JOSEPH HAYDN (1732-1809)


Dilahirkan pada tahun 1732 di Rohrau, Austria. Keluarga joseph sangat mendukung perkembangan bakat musiknya yang luar biasa, karena ayah dan saudaranya menyukai musik.
Sejak usia 8 tahun ia sudah menjadi anggota paduan suara anak anak di Katedral St, steven, Wina. Tahun 1761 ia dipilih putra mahkota raja Esterhazy Hungaria untuk memimpin orkes simponi dan gedung opera. Beliau menghasilkan kurang lebih 90 simponi, oratorio, opera, dan bentuk gubahan lainnya.
Joseph Haydn dan Wolfgang Amadeus Mozart menjadi sahabat akrab. Setelah Pangeran Esterhazy meninggal Joseph pergi ke London, dan berhasil mengarang dan memimpin 12 simponi. Memasuki masa tuanya ia menciptakan 2 oratorio yang sangat terkenal, yaitu THE CREATION dan THE SEASONS serta lagu kebangsaan Austria. Joseph meninggal tanggal 31 Mei 1809

5. FRANZ LISZT ( 1811-1886)


Dilahirkan di Raiding, hungaria pada tahun 1811. Sejak usia 6 tahun ia mulai diajari piano oleh ayahnya. Diusia 9 tahun Franz Liszt sudah berani  mengadakan pertunjukan didepan umum.
Tahun 1812,ia pergi ke Wina untuk belajar piano pada Carl Czerny serta belajar komposisi pada Antonio Salieri sehingga tidak mengherankan apabila di kemudian hari Franz menjadi sanjungan beberapa komponis terkenal termasuk Beethoven.
Selama 9 tahun, Franz Liszt mengadakan pertunjukan konser ke seluruh Eropa sambil memperkenalkan karya karyanya yang banyak dipengaruhi gaya romantik Chopin dan Berlioz.
Sejak tahun 1848, ia memangku jabatan sebagai direktur musik di Istana Weimar Jerman dan berhasil menciptakan HUNGARIAN RAPSODIES, THE FAUST SYMPHONY, dan CONCERTO untuk piano. Franz liszt meninggal dunia pada tanggal 31 juli 1886 di Bayreuth, Jerman.

Semoga bermanfaat, thankyou for visit my blog
Comment and remember to share guys...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MUSIK BARAT, CIRI-CIRI

Halo para pencari ilmu seni, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com insyaallah yang kalian cari ada disini :)) mau belajar sejarah perkembangan musik barat? Silahkan dibaca dan pahami ya.. SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK BARAT Seni musik sudah ada sejak pertama kali manusia hadir di muka bumi dan kini sudah berkembang pesat dengan banyaknya penemuan penemuan baru di bidang kebudayaan. Sejarah perkembangan seni musik dibagi menjadi enam zaman, meliputi: 1. Zaman Kuno Zaman kuno sudah sekitar 180.000 – 100.000 tahun yang lalu dan dikenal dengan kehadiran Homo sapiens. Alat musik pertama dan tertua dan diduga berasal dari zaman prasejarah ialah flute, alat musik yang terbuat dari tulang paha beruang. Selain itu, ditemukan juga prasasti berisi lagu Hurrian bertanggal 1400 SM yang merupakan notasi musik tertua yang pernah tercatat. Ciri-ciri : 1. Berupa melodi yang dinyanyikan tanpa iring

ALAT MUSIK MANCANEGARA LENGKAP

Hai guys.. Kali ini aku mau kasih tau kalian tentang jenis jenis alat musik mancanegara. Sebaiknya si harus mempelajari jangan hanya sekedar bilang "TAU". Nah biar wawasan kalian lebih luas aku kasih tau ya.. Disimak loh jangan scroll doang hehehe JENIS - JENIS ALAT MUSIK MANCANEGARA 1. ALAT MUSIK MELODIS yaitu alat musik yang memainkan melodi lagu atau pembawa melodi. Antara lain :    A. Rekorder, adalah jenis alat musik tiuo. Mempunyai 4 jenis yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, dan rekorder bas.    B. Pianika, siapa yang ga kenal alat musik yang satu ini? Mempelajarinya pun mudah. Pianika adalah alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilah bilah nadanya yang berwarna hitam menghasilkan nada kromatis   C. Harmonika, adalah alat musik yang memiliki dua perangkat penggetar berpisah yang berbunyi saat pemain meniup dan mengisap udara dari alat tersebut.    D. Saxopon, merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nad