Langsung ke konten utama

PERKEMBANGAN SENI RUPA LENGKAP

Assalamualaikum, hari ini kita belajar sejarah perkembangan yuk! Ga banyak kok sedikit aja tapi manfaatnya banyak ehehe.


PERKEMBANGAN SENI RUPA MANCANEGARA BARAT

1. ZAMAN PRIMITIF
Temanya tetomisme, yaitu system religi yang menganggap benda atau binantang sebagai benda suci atau benda pemujaan. Karyanya cenderung mengungkapkan nilai kehidupan yang bersifat magic dan simbolis, sebagai upacara yang bersifat Ritual dan Sakral.
Bentuknya tidak proporsional, sederhana, lugu, dan kaku.

2. SENI RUPA MESIR
merupakan bangsa yang memiliki peninggalan budaya tertua di dunia ( sejak 3400 SM)
seni bangunannya antara lain :
1. Piramida dan Mastaba berfungsi untuk menyimpan mumi
2. Kuil berfungsi sebagai tempat pemujaan
Seni patungnya terbuat dari batu granit yang menggambarkan ramses, achanton, amenhotep, dan sphinx.

3. SENI RUPA EROPA KLASIK
Diawali dari seni yunani hingga abad pertengahan
A. Seni rupa yunani, bangsa yunani merupakan bangsa politeisme.  Kehidupannya selalu berhubungan dengan dewa dewi bangsa yunani.
Karyanya terdiri dari seni bangunan ( arsitektur ), seni patungnya terbuat dari batu pualam
B. Seni rupa romawi, seni patungnya peniruan dari gaya yunani, bertemakan sejarah. Seni bangunannya berupa tempat pertunjukan dan tugu. Seni lukisannya gabungan dari mesir dan yunani dengan teknik mozaik.
C. Seni rupa hellenis, merupakan akulturasi budaya yunani, mesir dan persia, seni patungnya bersifat realis.
D. Abad pertengahan ( nasrani ), kesenian dan ilmu pengetahuan dibuat untuk kepentingan religi, sehingga kreatifitas seniman tidak berkembang ( abad ke-5 )

4. SENI RUPA ZAMAN RENAISSANCE, merupakan peralihan antara abad pertengahan ke abad modern, berlangsung pada akhir abad 15 hingga 16. Semua bidang seni berkembang pesat.
Tokohnya : - Lleonardo da vinci
                     -  Michaangelo Buonarroti
                     - Galileo Galilei

5. SENI RUPA BAROK DAN ROKOKO, muncul pada abad 17. Gaya seni rupa barok sifatnya dinamis, rumit, agung dan kaya akan cahaya dan warna. Sedangkan gaya seni rupa rokoko bersifat gelap, sederhana dan ringan

6. SENI RUPA ZAMAN MODERN, antara lain terbagi dalam aliran seni rupa :
A. Aliran klasikisme dan neo klasikisme
B. Aliran romantisme
C. Aliran realisme
D. Aliran naturalisme
E. Aliran kubisme
F. Aliran ekspresionisme
G. Aliran surealisme
H. Aliran abstrakisme
L. Aliran impresionisme
J. Aliran pointilisme
K. Aliran pop art
I. Post modern ( kontemporer )

Semoga bermanfaat, thankyou for visit my blog
Comment and remember to share guys...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MUSIK BARAT, CIRI-CIRI

Halo para pencari ilmu seni, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com insyaallah yang kalian cari ada disini :)) mau belajar sejarah perkembangan musik barat? Silahkan dibaca dan pahami ya.. SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK BARAT Seni musik sudah ada sejak pertama kali manusia hadir di muka bumi dan kini sudah berkembang pesat dengan banyaknya penemuan penemuan baru di bidang kebudayaan. Sejarah perkembangan seni musik dibagi menjadi enam zaman, meliputi: 1. Zaman Kuno Zaman kuno sudah sekitar 180.000 – 100.000 tahun yang lalu dan dikenal dengan kehadiran Homo sapiens. Alat musik pertama dan tertua dan diduga berasal dari zaman prasejarah ialah flute, alat musik yang terbuat dari tulang paha beruang. Selain itu, ditemukan juga prasasti berisi lagu Hurrian bertanggal 1400 SM yang merupakan notasi musik tertua yang pernah tercatat. Ciri-ciri : 1. Berupa melodi yang dinyanyikan tanpa iring

ALAT MUSIK MANCANEGARA LENGKAP

Hai guys.. Kali ini aku mau kasih tau kalian tentang jenis jenis alat musik mancanegara. Sebaiknya si harus mempelajari jangan hanya sekedar bilang "TAU". Nah biar wawasan kalian lebih luas aku kasih tau ya.. Disimak loh jangan scroll doang hehehe JENIS - JENIS ALAT MUSIK MANCANEGARA 1. ALAT MUSIK MELODIS yaitu alat musik yang memainkan melodi lagu atau pembawa melodi. Antara lain :    A. Rekorder, adalah jenis alat musik tiuo. Mempunyai 4 jenis yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, dan rekorder bas.    B. Pianika, siapa yang ga kenal alat musik yang satu ini? Mempelajarinya pun mudah. Pianika adalah alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilah bilah nadanya yang berwarna hitam menghasilkan nada kromatis   C. Harmonika, adalah alat musik yang memiliki dua perangkat penggetar berpisah yang berbunyi saat pemain meniup dan mengisap udara dari alat tersebut.    D. Saxopon, merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nad

MENGENAL KOMPONIS BARAT

Halo seni lovers, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com  insyaallah yang kalian cari ada disini :)) yey hari ini detik ini kamu bertambah lagi ilmunya tentang komponis musik barat, berbagi ilmu dapat pahala loh. Yuk dishare ke saudara atau teman teman kamu KOMPONIS MUSIK BARAT banyak sekali komponis musik barat but aku mau kasih tau yang terkenal aja ya guys.. Yang pertama ada 1. JOHAN SEBASTIAN BACH (1685 - 1750) Kenal beliau? Gak lah kita kan belum lajir dijaman 16-an gitu. Haloo ade, kaka aku juga belum lahir tapi aku tau sedikit tentang dia so aku kasih tau ke kalian ya.Johan dilahirkan di Eisenach, Jerman. Ketika berusia 15 tahun, johan menerima beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Leneburg. Disanalah ia mulai belajar musik dan menjadi anggota paduan suara. Ia belajar organ pada GEORGE BOHM seorang pemain organ yang terkenal. Tahun 1703 bach diangkat menjadi pemain orga