Langsung ke konten utama

BELAJAR SENI RUPA


Halo para pencari ilmu seni, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com insyaallah yang kalian cari ada disini :)) kali ini kita akan belajar tentang seni rupa disimak ya adek adek, kakak kakak semuanya...

SENI RUPA

Sebelum kita pahami seni rupa kita pahami dulu pengertian seni itu apa, karena kebanyakan orang berfikir seni itu sebuah karya yang indah atau lainnya. Menurut buku yang saya baca,
istilah seni dalam bahasa inggris disebut art, dalam bahasa latin ars, dan dari bahasa Yunani techne yang artinya kemahiran atau keterampilan membuat suatu benda. Istilah seni selalu berkaitan demgan keindahan. Jadi, Seni adalah gagasan atau ide yang diekspresikan melalui pola kelakuan tertentu sehingga menghasilkan Karya yang indah. Cabang - cabang seni, yaitu : seni rupa, seni musik, seni tari, seni lukis, seni patung, seni grafis, seni kriya, sastra, dan teater.

A. Seni Rupa
Seni rupa adalah hasil karya ciptaan manusia, baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang mengandung atau memiliki nilai keindahan yang diwujudkan dalam bentuk rupa.

Seni rupa dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
   A. MENURUT BENTUKNYA
1. SENI RUPA DUA DIMENSI (dwimatra)
   yaitu karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang, dan lebar serta hanya bisa dilihat dari satu arah.
Contoh : lukisan, batik, foto, poster.
2. SENI RUPA TIGA DIMENSI (trimatra)
   yaitu karya seni rupa yang dapat dilihat dari segala arah dan memiliki volume (ruang).
Contoh : pedang, patung, arca, meja.

    B. MENURUT FUNGSINYA
1. SENI RUPA MURNI (fine art)
   yaitu karya seni yang hanya untuk dinikmati nilai keindahannya saja. Seni rupa murni banyak ditemukan pada seni lukis, seni kriya, dan seni patung.
- Unsur - unsur seni rupa murni :
Garis, bi
- Asas - asas dalam seni rupa murni :
A. KOMPOSISI
Komposisi adalah tata susunan yang menyangkut :
   > Keseimbangan (balance) adalah kesan yang dapat memberikan rasa mapan (tidak berat di salah satu sisi) sehingga tidak ada ketimpangan dalam penempatan unsur - unsur rupa.
   > Kesatuan (unity) adalah hubungan keterkaitan antara unsur - unsur rupa yang mengarah pada pusat perhatian.
   > Irama (rhythm) adalah uraian kesan gerak yang ditimbulkan oleh unsur - unsur yang dipadukan secara berdampingan dan keseluruhan.
   > Keselarasan (harmony) adalah kesan kesuaian antara unsur yang satu dengan unsur yang lain dalam kesatuan susunan.
B. PROPORSI
Proporsi adalah kesan kesebandingan yang ideal (pantas, sesuai, dan benar) antara unsur yang satu dengan unsur lainnya dalam satu kesatuan unsur rupa.

2. SENI RUPA TERAPAN (applied art)
yaitu karya seni rupa yang memiliki nilai kegunaan (fungsional) sekaligus memiliki nilai seni.
Contoh : keramik, tekstil, furnitur.

PERUBAHAN FUNGSI SENI RUPA
 Perubahan fungsi seni rupa antara lain :
1. SENI KEPERCAYAAN menjadi SENI MURNI, misalnya patung asmat, arca batu, dan keris pusaka, dahulu untuk tujuan spiritual tetapi sekarang banyak dibuat untuk hiasan.
2. SENI RUPA MURNI menjadi SENI KERAJINAN, misalnya bentuk - bentuk replika patung pada gantungan kunci. Ciri benda kerajinan yaitu diproduksi dalam jumlah besar dalam bentuk yang sama.
3. TEKNIK SENI KRIYA menjadi SENI MURNI, misalnya teknik batik tulis untuk lukisan batik, lukisan keramik, lukisan bordir, teknik cor untuk karua seni hias logam dsb.

Mungkin hanya sedikit yang saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda. Thankyou for visit my blog
Comment and share :))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MUSIK BARAT, CIRI-CIRI

Halo para pencari ilmu seni, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com insyaallah yang kalian cari ada disini :)) mau belajar sejarah perkembangan musik barat? Silahkan dibaca dan pahami ya.. SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK BARAT Seni musik sudah ada sejak pertama kali manusia hadir di muka bumi dan kini sudah berkembang pesat dengan banyaknya penemuan penemuan baru di bidang kebudayaan. Sejarah perkembangan seni musik dibagi menjadi enam zaman, meliputi: 1. Zaman Kuno Zaman kuno sudah sekitar 180.000 – 100.000 tahun yang lalu dan dikenal dengan kehadiran Homo sapiens. Alat musik pertama dan tertua dan diduga berasal dari zaman prasejarah ialah flute, alat musik yang terbuat dari tulang paha beruang. Selain itu, ditemukan juga prasasti berisi lagu Hurrian bertanggal 1400 SM yang merupakan notasi musik tertua yang pernah tercatat. Ciri-ciri : 1. Berupa melodi yang dinyanyikan tanpa iring

ALAT MUSIK MANCANEGARA LENGKAP

Hai guys.. Kali ini aku mau kasih tau kalian tentang jenis jenis alat musik mancanegara. Sebaiknya si harus mempelajari jangan hanya sekedar bilang "TAU". Nah biar wawasan kalian lebih luas aku kasih tau ya.. Disimak loh jangan scroll doang hehehe JENIS - JENIS ALAT MUSIK MANCANEGARA 1. ALAT MUSIK MELODIS yaitu alat musik yang memainkan melodi lagu atau pembawa melodi. Antara lain :    A. Rekorder, adalah jenis alat musik tiuo. Mempunyai 4 jenis yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, dan rekorder bas.    B. Pianika, siapa yang ga kenal alat musik yang satu ini? Mempelajarinya pun mudah. Pianika adalah alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilah bilah nadanya yang berwarna hitam menghasilkan nada kromatis   C. Harmonika, adalah alat musik yang memiliki dua perangkat penggetar berpisah yang berbunyi saat pemain meniup dan mengisap udara dari alat tersebut.    D. Saxopon, merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nad

MENGENAL KOMPONIS BARAT

Halo seni lovers, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com  insyaallah yang kalian cari ada disini :)) yey hari ini detik ini kamu bertambah lagi ilmunya tentang komponis musik barat, berbagi ilmu dapat pahala loh. Yuk dishare ke saudara atau teman teman kamu KOMPONIS MUSIK BARAT banyak sekali komponis musik barat but aku mau kasih tau yang terkenal aja ya guys.. Yang pertama ada 1. JOHAN SEBASTIAN BACH (1685 - 1750) Kenal beliau? Gak lah kita kan belum lajir dijaman 16-an gitu. Haloo ade, kaka aku juga belum lahir tapi aku tau sedikit tentang dia so aku kasih tau ke kalian ya.Johan dilahirkan di Eisenach, Jerman. Ketika berusia 15 tahun, johan menerima beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Leneburg. Disanalah ia mulai belajar musik dan menjadi anggota paduan suara. Ia belajar organ pada GEORGE BOHM seorang pemain organ yang terkenal. Tahun 1703 bach diangkat menjadi pemain orga