Langsung ke konten utama

BATIK INDONESIA : PENGERTIAN, SEJARAH, 10+ MOTIF BATIK

Halo  seni lovers, sekarang aku mau share ilmu tentang batik nih. Siapa yang ga kenal batik? Semuanya pasti tau kan ya hehehe... Kalo ga tau kebangetan orang bule aja tau dan suka masa kita yang tinggal di negara yang punya batik ga kenal hadeuu back to topic yuk disimak!

Sejak 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Oleh Karena itu, setiap tanggal 2 Oktober akhirnya menjadi momen peringatan hari batik nasional untuk di Indonesia.
Dalam perkembangannya ada berbagai macam jenis batik yang tersebar di Indonesia. Motif yang beragam biasanya bergantung pada ciri khas atau keyakinan di tiap-tiap daerah.

A. PENGERTIAN BATIK
Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", di mana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

B.SEJARAH SINGKAT BATIK
Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keratonYogyakarta dan Surakarta. Singkat parah kan ya? Hahaha.

C. JENIS BATIK
Ini nih tiga jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya yang pertama ada :
1. BATIK TULIS



Batik tulis merupakan jenis batik yang pertama kali ada di Indonesia. Teknik pembuatan batik tulis memang memakan waktu lama dibandingkan teknik lainnya. Bahkan ada motif batik yang pengerjaannya sampai berbulan-bulan.

Proses pembuatan batik yang satu ini membutuhkan perlengkapan berupa canting (alat khusus membatik), lilin cair, dan tungku pemanas.
Karena batik tulis adalah hasil kerajinan tangan, setiap kain batik yang dihasilkan pasti memiliki nuansa berbeda.
Penggunaan lilin cair berkualitas membuat motif batik tampak jelas pada kedua sisi kain.
Kain katun, kain mori, dan kain sutra adalah jenis kain yang kerap digunakan untuk membuat batik tulis.
Walaupun dibanderol dengan harga mahal, namun kualitas yang Anda dapatkan pasti sebanding dengan harganya.

2. BATIK CAP



Proses pembuatan batik cap tidak terlalu lama bila dibandingkan dengan batik tulis.Sebab teknik yang satu ini sudah tidak menggunakan canting untuk membuat pola satu per satu di atas kain.
Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan batik cap antara lain kain polos, alat cap, lilin cair, dan pemanas.
Setiap alat cap memiliki pola yang akan membentuk motif khusus. Sehingga pengerjaan batik cap akan menghasilkan pola tertentu yang sifatnya berulang.
Pola motif pada batik cap lebih renggang dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan batik tulis.
Jenis kain yang kerap digunakan untuk membuat batik cap antara lain kain mori dan kain sutra.

3. BATIK PRINTING



Di antara ketiga jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya, batik printing-lah yang harganya paling terjangkau.
Batik yang satu ini dibuat dengan sistem sablon. Sehingga canting, lilin cair, dan alat pemanas sama sekali tidak dibutuhkan.
Proses pembuatannya diawali dengan :
pemilihan motif batik, baik yang tradisional maupun bernuansa modern..#Selanjutnya, motif batik tersebut dicetak dalam bentuk film sablon agar mudah di-print pada kain.

Teknik printing ini menghasilkan motif batik pada salah satu sisi kain saja, tak seperti teknik batik tulis.
Selain itu, batik printing biasanya menggunakan kain katun yang lebih mudah di-print dan harganya terjangkau.Jarang sekali batik printing menggunakan kain berkualitas seperti kain mori atau kain sutra.
Kendati harganya relatif murah, motif batik printing biasanya lebih detail karena hanya mencontoh motif-motif batik yang sudah ada.

D. CORAK ATAU MOTIF BATIK INDONESIA
Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu.
1. BATIK BALI



Bisa dikatakan corak batik Bali cukup bertolak belakang dengan Batik Aceh. Pasalnya, batik Bali kerap menggunakan motif hewan yang dimaksudkan sebagai lambang daerah tertentu di Bali. Batik ini juga dikenal memiliki unsur perpaduan antara corak yang tradisional dengan tren masa kini.

2. BATIK ACEH



Warna yang berani menjadi ciri khas dari batik asal Aceh ini. terkait corak, batik Aceh lebih sering menggunakan motif yang berkaitan dengan budaya masyarakat yang dikombinasikan dengan unsur-unsur alam.
Pengaruh agama Islam yang kuat berimbas pada bentuk motif batik yang dihasilkan. Dalam hal ini, batik Aceh tidak menggunakan gambar binatang. Alasannya, karena dalam ajaran Islam makhluk hidup tidak boleh digambar.

3. BATIK TUJUH RUPA PEKALONGAN



Menyebut tentang batik belum lengkap jika tak membahas tentang Pekalongan. Kota yang satu ini memang terkenal dengan motif batik yang elegan.
Variasi motifnya didominasi oleh tumbuh-tumbuhan meskipun ada pula motif lain berupa hewan.
Batik Pekalongan memiliki keunikan tersendiri karena dipengaruhi oleh budaya perdagangan antar bangsa sejak zaman dahulu.
Kombinasi batik tujuh rupa dengan aneka warna sangat mudah dipadukan dengan pakaian berbahan polos.
Motif batik Pekalongan sering menggunakan gambar nyata. Bukan cuma itu, penambahan hiasan berupa titik dan garis menambah kecantikan motif batik ini.

4. BATIK YOGYAKARTA


Batik Yogyakarta selalu mengangkat motif dengan dominasi warna hitam, cokelat, dan putih. Motif yang terkenal dari jenis batik ini adalah tambal, pamiluto, parang kusumo, dan truntum.
Ide motif pada batik ini umumnya bersumber dari sosok manusia atau hewan. Filosofi batik ini tak lain adalah mengenai nilai-nilai moral.

5. BATIK MEGA MENDUNG


Motif batik Mega Mendung cukup sederhana namun memberi kesan mewah. Motif mendung di langit mega yang berwarna cerah inilah yang membuat batik Mega Mendung sangat cocok dipakai orang tua maupun anak muda, baik perempuan maupun laki-laki.

6. BATIK PARANG RUSAK



Motif parang rusak mengandung arti mendalam yaitu peperangan manusia dalam melawan sifat-sifat buruk dan nafsu selama hidup.

7. BATIK KAWUNG


Tak banyak yang tahu kalau kawung adalah sejenis buah kelapa atau sering juga dianggap seperti kolang-kaling.
Motif batik kawung memang mirip susunan buah kawung dengan berbagai variasi pola dan warna.
Setiap susunan motif kawung tersebut memiliki nama yang berbeda, misalnya kawung pricis, kawung bribil, dan kawung sen

8. BATIK BETAWI



Batik khas Betawi kerap ditampilkan dalam pameran kebudayaan maupun acara bergengsi seperti Abang None Jakarta.
Pilihan warna-warna yang cerah dipadukan dengan motif unik seperti pucuk rebung, nusa kelapa, ondel-ondel, burung hong, dan gambang kromong.
Kain batik Betawi sangat cocok digunakan sebagai bawahan untuk kebaya encim dengan warna-warna cerah.

9. BATIK MADURA



Madura yang merupakan daerah kepulauan memiliki ciri khas batik berwarna cerah.
Nuansa pesisir digambarkan dengan pilihan warna yang menyala dan terkesan berani.
Beberapa daerah di Madura yang terkenal sebagai penghasil batik antara lain Sumenep, Pamekasan, dan Tanjung Bumi.

10. BATIK MALANG



Kota Malang juga punya batik kebanggaan yang ciri khasnya menarik untuk ditelusuri.Warna-warna cerah adalah salah satu keunikan batik Malang.
Kombinasi motifnya pun istimewa, yaitu gambar-gambar candi yang ada di kota tersebut.

11. BATIK SEMEN RAMA



Kisah Ramayana sangat erat kaitannya dengan motif batik yang satu ini. Ornamen-ornamen berupa air, ular, katak, binatang berkaki empat, dan tumbuh-tumbuhan menjadi ciri khas batik semen rama.
Pemilihan motif tersebut erat kaitannya dengan ajaran triloka.
Sebuah ajaran tentang keberadaan 3 dunia, yaitu dunia para dewa dan orang suci, dunia kehidupan manusia, dan dunia tempat para pendosa yang penuh kemurkaan.

12. BATIK PRIYANGAN TASIKMALAYA



Batik priyangan dari Tasikmalaya dikenal karena coraknya yang rapat, rapi, dan berkelas.
Dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan memang identi dengan batik priyangan.
 Tak heran kalau busana berbahan batik priyangan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan.

Semoga bermanfaat, Thank you for visit my blog
Comment and share guyss....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MUSIK BARAT, CIRI-CIRI

Halo para pencari ilmu seni, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com insyaallah yang kalian cari ada disini :)) mau belajar sejarah perkembangan musik barat? Silahkan dibaca dan pahami ya.. SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK BARAT Seni musik sudah ada sejak pertama kali manusia hadir di muka bumi dan kini sudah berkembang pesat dengan banyaknya penemuan penemuan baru di bidang kebudayaan. Sejarah perkembangan seni musik dibagi menjadi enam zaman, meliputi: 1. Zaman Kuno Zaman kuno sudah sekitar 180.000 – 100.000 tahun yang lalu dan dikenal dengan kehadiran Homo sapiens. Alat musik pertama dan tertua dan diduga berasal dari zaman prasejarah ialah flute, alat musik yang terbuat dari tulang paha beruang. Selain itu, ditemukan juga prasasti berisi lagu Hurrian bertanggal 1400 SM yang merupakan notasi musik tertua yang pernah tercatat. Ciri-ciri : 1. Berupa melodi yang dinyanyikan tanpa iring

ALAT MUSIK MANCANEGARA LENGKAP

Hai guys.. Kali ini aku mau kasih tau kalian tentang jenis jenis alat musik mancanegara. Sebaiknya si harus mempelajari jangan hanya sekedar bilang "TAU". Nah biar wawasan kalian lebih luas aku kasih tau ya.. Disimak loh jangan scroll doang hehehe JENIS - JENIS ALAT MUSIK MANCANEGARA 1. ALAT MUSIK MELODIS yaitu alat musik yang memainkan melodi lagu atau pembawa melodi. Antara lain :    A. Rekorder, adalah jenis alat musik tiuo. Mempunyai 4 jenis yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, dan rekorder bas.    B. Pianika, siapa yang ga kenal alat musik yang satu ini? Mempelajarinya pun mudah. Pianika adalah alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilah bilah nadanya yang berwarna hitam menghasilkan nada kromatis   C. Harmonika, adalah alat musik yang memiliki dua perangkat penggetar berpisah yang berbunyi saat pemain meniup dan mengisap udara dari alat tersebut.    D. Saxopon, merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nad

MENGENAL KOMPONIS BARAT

Halo seni lovers, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com  insyaallah yang kalian cari ada disini :)) yey hari ini detik ini kamu bertambah lagi ilmunya tentang komponis musik barat, berbagi ilmu dapat pahala loh. Yuk dishare ke saudara atau teman teman kamu KOMPONIS MUSIK BARAT banyak sekali komponis musik barat but aku mau kasih tau yang terkenal aja ya guys.. Yang pertama ada 1. JOHAN SEBASTIAN BACH (1685 - 1750) Kenal beliau? Gak lah kita kan belum lajir dijaman 16-an gitu. Haloo ade, kaka aku juga belum lahir tapi aku tau sedikit tentang dia so aku kasih tau ke kalian ya.Johan dilahirkan di Eisenach, Jerman. Ketika berusia 15 tahun, johan menerima beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Leneburg. Disanalah ia mulai belajar musik dan menjadi anggota paduan suara. Ia belajar organ pada GEORGE BOHM seorang pemain organ yang terkenal. Tahun 1703 bach diangkat menjadi pemain orga