Langsung ke konten utama

ALAT MUSIK MANCANEGARA LENGKAP


Hai guys.. Kali ini aku mau kasih tau kalian tentang jenis jenis alat musik mancanegara. Sebaiknya si harus mempelajari jangan hanya sekedar bilang "TAU". Nah biar wawasan kalian lebih luas aku kasih tau ya.. Disimak loh jangan scroll doang hehehe



JENIS - JENIS ALAT MUSIK MANCANEGARA

1. ALAT MUSIK MELODIS
yaitu alat musik yang memainkan melodi lagu atau pembawa melodi. Antara lain :
   A. Rekorder, adalah jenis alat musik tiuo. Mempunyai 4 jenis yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, dan rekorder bas.
   B. Pianika, siapa yang ga kenal alat musik yang satu ini? Mempelajarinya pun mudah. Pianika adalah alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilah bilah nadanya yang berwarna hitam menghasilkan nada kromatis
  C. Harmonika, adalah alat musik yang memiliki dua perangkat penggetar berpisah yang berbunyi saat pemain meniup dan mengisap udara dari alat tersebut.
   D. Saxopon, merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nada dan kemampuan ekspresinya yang besar. Diciptakan oleh ADOLPHNE SAX pada tahun 1864. Ada 4 jenis saxopon yaitu, saxopon sopran, alto, tenor, dan bariton.
   E. Terompet, merupakan alat musik tiup yang dapat mengeluarkan bunyi berapi api yang dihasilkan oleh besarnya tenaga yang digunakan untuk memainkan fanfare tetapi juga disebabkan oleh tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar serta mengembang.
   F. Flute, merupakan alat musik tiup bersuara kaya dan menimbulkan suasana magis. Flute modern lebih mudah dimainkan dan bunyinya lebih jernih
   G. Biola, merupakan alat musik string yang cara memainkannya digesek. Banyak digunakan dalam musik orkestra. Biola merupakan hasil karya STRADIVARIUS (1644-1737) dianggap sebagai alat musik terbaik yang pernah dibuat. Ada 2 jenis biola yaitu biola sopran dan biola alto.
   H. Klarinet, adalah alat musik tiup yang dikembangkan oleh THEOBLAD BOEM dengan nada tinggi dan nyaring. Mulai digunakan dalam musik orkes dan band militer pada pertengahan abad ke-18.

2. ALAT MUSIK HARMONIS
Yaitu alat musik yang berfungsi mengiringi perjalanan melodi dengan menggunakan akor tertentu. Antara lain :
   A. Piano, merupakan alat musik harmonis yang cara memainkannya dengan cara ditekan. Piano berperan penting bahkan mendominasi atau mengiring alat musik lain dalam musik pop dan jazz.
  B. Keyboard, musik keyboard jenis organ yang perolehan nada dan warna bunyinya merupakan hasil olahan secara elektronik.
  C. Electon, adalah alat musik keyboard yang nada nadanya diperoleh dari tiupan udara ke dalam sejumlah pipa pada organ mekanis. Prinsip dasarnya menyerupai organ asli, namun penyediaan udara dibuat dengan bantuan tenaga listrik.
  D. Gitar, adah alat musik petik. Umumnya berdawai enam dan berbahan dari kawat atau nilon, dimainkan dengan jari jari tangab atau bantuan sebuah plektrum. Berperan sebagai alat musik tunggal maupun pengiring musik atau lagu. Gitar spanyol (klasik) di desain oleh tukang kayu dari spanyol ANTONIO DE TORRES JURADO dari abad ke-19

3. ALAT MUSIK RITMIS
Yaitu alat yang berfungsi untuk mengatur jalannya irama musik atau ritme lagu. Antara lain :
  A. Tamborin, adalah alat musik jenis rebana dengan atau tanpa hiasan kerincing logam disekitar bingkai atau kerangkanya. Dipakai pada orkes modern atau dangdut.
  B. Triangle atau Trikona, adalah alat musik perkusi berbentuk lengkung segi dan terbuat dari baja. Dimainkan dengan cara dipukul. Bunyinya lembut dan tidak bernada.
  C. Tabla, adalah alat musik india yang banyak dimainkan dalam berbagai kegiatan misalnya pengiring sitar. Alat ini semacam gendang yang dimainkan berpegang dengan ketinggian bunyi yang berbeda.
  D. Drum set, adalah seperangkat alat musik perkusi, khususnya jenis drum yang jumlah dan macamnya tidak tentu, dapat dimainkan oleh seorang pemain saja. Terdiri atas snar drum, tenor drum, bass drum, dan simbal.
  E. Simbal, menghasilkan gema benturan saat dipukul dengan stik dan dapat digunakan untuk menandai bagian klimaks musik. Dipasang pada penyangga diatas kedudukannya.
  F. Kastanyet, adalah lonceng kayu yang dipegang dengan tangan
  G. Kabassa, adalah derik amerika selatan yang manik manik bajanya diuntai bagian luarnya.
  H. Marakas, adalah sepasang derik amerika selatan yang biasanya dibuat dari labu beronggan yang berisi biji-bijian atau kayu berisi manik-manik. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan.

Semoga bermanfaat, thankyou for visit my blog
Comment and remember to share guys...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MUSIK BARAT, CIRI-CIRI

Halo para pencari ilmu seni, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com insyaallah yang kalian cari ada disini :)) mau belajar sejarah perkembangan musik barat? Silahkan dibaca dan pahami ya.. SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK BARAT Seni musik sudah ada sejak pertama kali manusia hadir di muka bumi dan kini sudah berkembang pesat dengan banyaknya penemuan penemuan baru di bidang kebudayaan. Sejarah perkembangan seni musik dibagi menjadi enam zaman, meliputi: 1. Zaman Kuno Zaman kuno sudah sekitar 180.000 – 100.000 tahun yang lalu dan dikenal dengan kehadiran Homo sapiens. Alat musik pertama dan tertua dan diduga berasal dari zaman prasejarah ialah flute, alat musik yang terbuat dari tulang paha beruang. Selain itu, ditemukan juga prasasti berisi lagu Hurrian bertanggal 1400 SM yang merupakan notasi musik tertua yang pernah tercatat. Ciri-ciri : 1. Berupa melodi yang dinyanyikan tanpa iring

MENGENAL KOMPONIS BARAT

Halo seni lovers, sekarang kalian gausah ribet-ribet cari ilmu tentang kesenian karena kamu bisa klik or copy link ini guys http://syahlarfdh.blogspot.com  insyaallah yang kalian cari ada disini :)) yey hari ini detik ini kamu bertambah lagi ilmunya tentang komponis musik barat, berbagi ilmu dapat pahala loh. Yuk dishare ke saudara atau teman teman kamu KOMPONIS MUSIK BARAT banyak sekali komponis musik barat but aku mau kasih tau yang terkenal aja ya guys.. Yang pertama ada 1. JOHAN SEBASTIAN BACH (1685 - 1750) Kenal beliau? Gak lah kita kan belum lajir dijaman 16-an gitu. Haloo ade, kaka aku juga belum lahir tapi aku tau sedikit tentang dia so aku kasih tau ke kalian ya.Johan dilahirkan di Eisenach, Jerman. Ketika berusia 15 tahun, johan menerima beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Leneburg. Disanalah ia mulai belajar musik dan menjadi anggota paduan suara. Ia belajar organ pada GEORGE BOHM seorang pemain organ yang terkenal. Tahun 1703 bach diangkat menjadi pemain orga